Sabtu, 16 Mar 2024, 14:12:41 WIB, 66 View Administrator, Kategori : Teknologi

(cyberblitar) Berbenah itu perlahan, kepedulian terhadap lingkungan memerlukan motivasi dan keinginan yang kuat secara bersama - sama sehingga warga masyarakat memiliki kesadaran yang sama terhadap kondisi lingkungan, keberpihakan dan rasa memiliki pada lingkungan menjadi dasar yang kuat sehingga akan tercipta kepedulian terhadap kondisi lingkungan.

Peduli terhadap lingkungan tidak hanya dilakukan oleh pengurus RT dan RW saja, akan tetapi menjadi tanggungjawab bersama warga masyarakat, bentuk - bentuk kepedulian tersebut dimulai dengan menerapkan pola hidup bersih dan sehat pada lingkungan rumah masing - masing. Upaya untuk memilih sampah organik dan anorganik di rumah  masing - masing. 

Kemudian dilanjutkan dengan pengolahan sampah organik dengan adanya biopori yang ada di sekitar rumah masing - masing, selain dapat mengurangi beban sampah yang harus dibuang ke TPS bahkan TPA tentu akan menjadikan sampah organik tersebut menjadi pupuk yang bisa dimanfaatkan untuk tanaman - tanaman produktif yang ada di sekitar kita. 

Beberapa waktu yang lalu telah ditambahkan pulihan titik "biopori" di lingkungan RW 15 yang sebelumnya sudah ada namun untuk menambah fungsi resapan dan aktifitas pengelolaan limbah sampah organik oleh masyarakat. Kecintaan kita terhadap lingkungan sekitar tentu akan semakin menambah rasa aman, nyaman dan tentram karena bumi yang kita singgahi dapat kita rawat bersama walaupun masih sebuah gerakan kecil, namun suatu saat akan memberikan dampak yang besar bagi lingkungan.





Tuliskan Komentar