Selasa, 13 Sep 2022, 18:48:32 WIB, 67 View Administrator, Kategori : Kunjungan

(cyberblitar) Senin, (12/09/2022) Kurikulum Merdeka Belajar adalah kebijakan pengembangan yang dikeluarkan Kemdikbudristekdikti untuk pembelajaran peserta didik di sekolah. Kebijakan merdeka belajar menjadi langkah untuk mentransformasi pendidikan demi terwujudnya Sumber Daya Manusia (SDM) Unggul Indonesia yang memiliki Profil Pelajar Pancasila. Sedangkan Profil Pelajar Pancasila adalah erwujudan pelajar Indonesia sebagai pelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, dengan enam ciri utama: beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia, berkebinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif. (sumber).

Salah satu upaya untuk menerapkan Kurikulum Merdeka Belajar dengan Profil Pelajar Pancasila, beberapa Guru SMP N 6 Kota Blitar melakukan kunjungan ke Sekretariat Kampoeng Cyber Blitar dalam rangka pembahasan konsep kerjasama terkait pemanfaatan Motif Batik Puspa Dahana sebagai salah satu projek pembelajaran dalam upaya membentuk Profil Pelajar Pancasila bagi siswa - siswi SMP N 6 Kota Blitar terutama terbentukanya siswa - siswi yang Berkebhinekaan Global, yaitu Pelajar Indonesia mempertahankan budaya luhur, lokalitas dan identitasnya, dan tetap berpikiran terbuka dalam berinteraksi dengan budaya lain, sehingga menumbuhkan rasa saling menghargai dan kemungkinan terbentuknya dengan budaya luhur yang positif dan tidak bertentangan dengan budaya luhur bangsa. Elemen dan kunci kebinekaan global meliputi mengenal dan menghargai budaya, kemampuan komunikasi interkultural dalam berinteraksi dengan sesama, dan refleksi dan tanggung jawab terhadap pengalaman kebinekaan.

Dalam kunjungan tersebut banyak dibahas terkait dengan makna dan motif Batik Puspa Dahana, sejarah dan kronologis penciptaan motif Batik Puspa Dahana, seperti dalam informasi sebelumnya bahwa motif batik Puspa Dahana adalah hasil kolaborasi antara Kampoeng Cyber Blitar sebagai mitra kerjasama dalam project Wiradesa Mahasiswa UNESA pada tahun 2021, motif yang dimunculkan dari dasar penelitian dan kajian dari kearifan lokal yang ada di Kelurahan Gedog terkait dengan Folklore Joko Pangon dan Temuan Diduga Cagar Budaya Candi Gedog, " tutur Eka Sulistiyana Founder dan Ketua Kampoeng Cyber Blitar





Tuliskan Komentar