Kamis, 02 Des 2021, 17:50:42 WIB, 223 View Administrator, Kategori : Ekonomi

(cyberblitar) Kamis, (02/12/2021) Beberapa waktu yang lalu di Kampoeng Cyber dilaksanakan Sarasehan Budaya dengan tema "Explorasi Warisan Budaya Tutur Kelurahan Gedog" yang merupakan bagian dari kegiatan Gedog Kampoeng Art 2021, pada kegiatan sarasehan tersebut juga dilaksanakan "Sosialisasi Penggunaan Udeng dari Produk Turunan Motif Batik Puspa Dahana", yang dihadiri Kepala Bappeda Kota Blitar, Drs. Tri Iman Prasetyono, M. Si, Camat Sananwetan Heru Eko Pramono, S. STP; Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Blitar, Perpustakaan Nasional Bung Karno'.

Dalam sarasehan tersebut, Kepala Bappeda Kota Blitar mengapresiasi hasil kegiatan Mahasiswa Wiradesa UNESA ini dalam kajian yang dilakukan dengan salah satu hasil adalah motif batik "Puspa Dahana" yang diharapkan nanti menjadi motif batik ciri khas Kelurahan Gedog, tentu dengan produk turunan yang juga telah dibuat berupa "Udeng" dan "Jilbab", beliau berharap mudah - mudahan motif batik "Puspa Dahana" ini nanti benar - benar akan memberikan dampak positif terhdap peningkatan perekonomian warga masyarakat Kelurahan Gedog.

Apalagi jika dikaitkan dengan Situs Cagar Budaya Candi Gedog dan juga Budaya Lisan Folklor Joko Pangon, tentu akan menjadi potensi dalam upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat baik dari sisi ekonomi kreatif khususnya bidang fashion dan sisi kebudayaan dari cerita tutur yang saat ini terus dipertahankan.

Kampoeng Cyber yang selama ini menjadi pedamping lapangan terhadap kegiatan Wira Desa akan terus berusaha untuk menjalin komunikasi dengan pihak Kampus agar keberlanjutan dari kegiatan yang telah dilaksanakan nanti benar - benar bisa terjadi dengan adanya tindaklanjut berupa Kontrak Kesepakatan.





Tuliskan Komentar