Rabu, 16 Agu 2023, 00:37:51 WIB, 861 View Administrator, Kategori : Lakon Apik

(cyberblitar) Direktorat Pembinaan Tenaga dan Lembaga Kebudayaan, Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi pada hari Senin (14/08/2023) mulai pukul 13.00 WIB melaksanakan Sosialiasi Program Manajemen Talenta Nasional Bidang Seni dan Budaya bersama dengan bersama Kementrian PPN/BAPPENAS yang dilaksanakan secara daring. Kegiatan yang diikuti oleh Deputi dan Direktur di Kementrian Pendidikan, Riset dan Teknologi, Kepala Balai Pelestarian Kebudayaan Seluruh Indonesia, Praktisi dan Akademisi yang konsen di bidang Seni dan Budaya serta Komunitas yang terundang seluruh Indonesia. Acara dibuka oleh Bapak Dr. Restu Gunawan, M. Hum Direktur Pembinaan Tenaga dan Lembaga Kebudayaan Kemendibudristek

Kampoeng Cyber Blitar mendapatkan kesempatan untuk mengikuti Sosialisasi Manajemen Talenta Nasional dengan Tema "Meningkatkan Potensi Talenta Seni dan Budaya menuju Generasi Emas 2045”. Kegiatan Sosialisasi ini bertujuan untuk menyebarluaskan informasi mengenai Manajemen Talenta Nasional khususnya pada bidang Seni Budaya. Sebagai Narasumber Amich Alhumami, Deputi Pembangunan Manusia, Masyarakat, dan Kebudayaan, Kementerian PPN/Bappenas dan dari Direktorat Pembinaan Tenagadan Lembaga Kebudayaan, Direktorat Jenderal Kebudayaan Kemenristik, serta Pratisi Kebudayaan.

Dalam sosialisasi ini tersampaikan bahwa sesuai dengan Keputusan Presiden Nomor 21 Tahun 2021 tentang Gugus Tugas Manajemen Talenta Nasional bahwa dalam rangka mempersiapkan sumber daya manusia yang bertalenta dan berdaya saing secara global, diperlukan tata kelola dan pembinaan talenta nasional yang komprehensif, berkelanjutan, dan inovatif.

Saat ini telah dilakukan penyusunan kebutuhan dan aktivitas MTN Lab yang nantinya bermuara pada keterlibatan aktivitas seni budaya di internasional, sehingga diperlukan langkah - langkah percepatan dalam penyiapan dan pengelolaan talenta seni dan budaya secara nasional, maka keterlibatan komunitas - komunitas yang ada didaerah sangat diperlukan, sebagai upaya percepatan tersebut juga telah dipersiapkan langkah - langkah lanjut berupa Konsursium Nasional Berbasis Komunitas, MTN Internasional Hub; dan Anugrah Seni Budaya dari Indonesia Untuk Dunia.

Dan untuk langkah - langkah percepatan khusunya pada bidang Seni dan Budaya akan berada di dua Kementrian yaitu Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Risek dan Teknologi serta Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, maka untuk komunitas - komunitas didaerah akan dapat bersinergi dalam pengumpulan data - data telenta yang ada di setiap wilayah untuk kemudian memasukkan pada platform data base yang ada untuk kemudian akan dilakukan penelitian dan koreksi terhadap data yang masuk, sebagai langkah awal dalam penentuan kegiatan dan kebijakan untuk pengembangan talenta dimaksud, komunitas juga dapat menjalin kerjasama dengan Pemerintah setempat dalam upaya tersebut.





Tuliskan Komentar