Senin, 06 Mei 2024, 09:00:28 WIB, 76 View Administrator, Kategori : Teknologi

(cyberblitar) Bank Sampah Barokah RW 15 Kelurahan Gedog Kota Blitar, yang mulai berkegiatan pada tahun 2017 hingga saat ini mengalami pasang surut dalam beraktifitas dan berkegiatan, sejak awal berdiri bertekad untuk memberikan edukasi dan literasi pada masyarakat untuk peduli terhadap lingkungan terutama pada proses pemilahan sampah.

Proses berkembang tentu mengalami pasang surat dan sempat vakum tidak ada kegiatan pada masa pandemi, dan juga adanya masyarakat yang berpenghasilan dari pengelolaan sampah di lingkungan, sehingga agar dapat berjalan semuanya terkait dengan pengelolan sampah di lingkungan dan Bank Sampah juga dapat berjalan kemudian dilakukan dilakukan langkah - langkah yang kedua-nya bisa berjalan.

Warga yang melaksanakan pengelolaan sampah di lingkungan diajak serta dalam pengembangan Bank Sampah sebagai anggota yang memiliki prioritas dalam pendampingan manajemen pengelolaan usahanya tersebut oleh rekan - rekan Pengurus Bank Sampah. Memang belum berjalan dengan baik, akan tetapi semua tentu perlu proses.

Seiring dengan hal tersebut, proses dalam pengurangan penggunaan kertas dalam pelayanan Bank Sampah Barokah terus di-upayakan sehingga semangat dan visi misi dari dibentuknya bank sampah sebagai upaya untuk pengurangan dan pengelolaan sampah perlahan dapat terwujud, salah satu upaya tersebut dengan dikembangkannya Aplikasi Bank Sampah Barokah yang berbasih website dan android, pengembangan sudah dilakukan sejak 2018 akan tetapi baru di tahun 2023 setelah masa pandemi berlalu di upayakan untuk dimanfaatkan secara maksimal, tentu dengan langkah pengembangan dan penyempurnaan dari aplikasi tersebut.

Maka semenjak itu penggunaan buku tabungan dan laporan keuangan sudah dilakukan secara online melalui aplikasi yang telah dikembangakan.





Tuliskan Komentar