Minggu, 01 Sep 2019, 20:17:46 WIB, 129 View Administrator, Kategori : Kolom

(cyberblitar) Minggu, (01/09/2019) Warga RW 08 Kelurahan Gedog berbondong - bondong ke area persawahan yang di kelola Bapak Thoiran setelah dengar kabar adanya penemuan Kepala Kala di tengah sawah yang diketahui milik Hotel Herlingga Jaya, Kepala Kala yang ditemukan tersebut diperkirakan memiliki sama dengan ukuran Kepala Kala yang ada selama ini di Candi Gedog, Kecamatan Sananwetan Kota Blitar. Hingga sore masih banyak warga masyarakat di sekitar Kelurahan Gedog yang ingin mengetahui hasil temuan tersebut.

Kepala Kala yang ditemukan ada di selatan lokasi Candi Gedog yang ada saat ini dan untuk mengantisipasi hasil temuan tersebut Polres Blitar Kota telah memasang police line disekitar lokasi penemuan dengan tujuan pengamanan lokasi dan area ditemukannya Kepala Kala tersebut, karena selain itu juga ditemukan batu bata merah yang cukup terstruktur di beberapa titik lokasi sawah.

Camat Sananwetan berserta pihak terkait segera menyampaikan temuan ini ke Walikota Blitar dengan harapan akan ada tindaklanjut dari Pemerintah Kota Blitar melalui Dinas terkait untuk menyampaikan ke  Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala (BP3) Trowulan, tentang penemuan Kepala Kala dan Batu Bata Merah di Kelurahan Gedog Kota Blitar.

Meningatkan kembali bahwa kurang lebih satu tahun yang lalu di Kampoeng Cyber pernah dilaksanakan Bedah Naskah Buku yang berjudul "Candi Gedog, Sejarah Yang Terlupakan, Legenda Yang Dikhultuskan" buku tersebut berisi tentang kenyataan sejarah bahwa Candi Gedog tertulis di Buku History Of Java Jilid 2, halaman 40. Dengan adanya penemuan ini mudah - mudahan memang benar bahwa Candi Gedog adalah Candi yang di tulis oleh Rafless tersebut.

 





Tuliskan Komentar